Senin, 14 Januari 2019

Ini Dia Cara Mengurus Kartu BPJS Yang Rusak

Dalam sistem jaminan sosial nasional, anda mengenal BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Kedua sistem jaminan sosial tersebut bertolak belakang lingkup jaminannya, jadi tidak boleh sampai kamu rancu. BPJS kesehatan lebih ke jaminan sosial guna berobat sementara BPJS Ketenagakerjaan bertujuan guna perlindungan pekerja akan sekian banyak  hal seperti kemalangan kerja, jaminan hari tua dan sebagainya.

Wujud dan peran serta pemerintah dalam memberikan jaminan sosial untuk masyarakat ialah dengan menyusun BPJS ketenagakerjaan dan BPJS Kesehatan. Sebagai lembaga nirlaba kesuksesan program tersebut pun tergantung peran serta masyarakat di dalamnya. Bagi BPJS Kesehatan, seluruh warga mesti ikut serta tak terkecuali baik berdikari maupun dikelola perusahaan, sementara BPJS Ketenagakerjaan pun wajib tetapi harus atas nama perusahaan, tidak dapat ikut secara mandiri. Manfaatnya dapat didapat dalam format Jaminan Hari Tua atau guna lainnya.

Untuk mempermudah proses administrasi, pihak BPJS Ketenagakerjaan menerbitkan kartu peserta. Bentuknya laksana KTP atau SIM yang dapat di simpan di isi kantong atau lokasi lainnya. Yang menjadi problem sekitar ini merupakan, kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan tersebut waktunya lama, dapat sampai pensiun nantinya, sementara kartu BPJS Ketenagakerjaan sendiri pun relatif tidak pernah dipakai kecuali untuk mengencerkan saldo. Hal ini yang memunculkan resiko kartu hilang atau terselip entah kemana. Jika ini terjadi, bagaimana proses pengurusan ganti kartunya?

Proses pengurusan kartu BPJS Ketenagakerjaan yang telah tidak ditemukan lagi barangnya sebagai berikut:

Pengurusan di kantor BPJS sebisa mungkin membawa fotokopi kartu atau setidaknnya ingat nomor kartu yang hilang
Pihak BPJS seringkali meminta laporan kehilangan, sehingga kamu harus mengurus terlebih dahulu ke kantor Polisi
Surat pendahuluan HRD seringkali akan memudahkan proses pengurusan
Untuk permasalahan kartu rusak, maka teknik urusnya pun gampang,

Buktikan bahwa kartu kamu rusak dan tunjukkan ke petugas untuk mohon ganti yang baru dengan membawa bukti diri
Anda dapat melakukan proses penggantian di kantor BPJS dengan membawa surat oengantar dari kantor
Silakan antri dan menantikan panggilan, prosesnya tidak perlu waktu lama biasanya
Jika berkas lengkap, proses pengurusan kartu yang hilang atau bobrok tidaklah rumit.

Proses pengurusan BPJS Kesehatan yang hilang tidak cukup lebih serupa dengan kehilangan kartu BPJS Ketenagakerjaan. Hanya lokasi pengurusannya saja yang berbeda. Berikut ini langkah yang mesti dilalui.

Siapakan terlebih dahulu kriteria pengurusan Kartu BPJS Kesehatan yang hilang inilah ini:

Fotokopi KTP
Fotokopi Kartu Keluarga (KK)
Dokumen kehilangan dari kantor yang berwenang, biasanya ialah kantor kepolisian
Bawa dokumen individu lainnya sebagai pelengkap, biar tidak bolak balik
Proses pengurusan kartu BPJS Kesehatan yang hilang setelah seluruh berkas lengkap:

Setelah seluruh lengkap kamu bisa meregistrasi di BPJS terdekat guna mendapatkan kartu pengganti yang baru
Bagaimana andai kartu BPJS Kesehatan itu rusak, contohnya patah atau identitas tidak jelas lagi? Jika ini terjadi maka yang dapat dilakukan merupakan:

Bawa kartu BPJS Kesehatan yang bobrok tadi ke kantor BPJS Kesehatan terdekat, ucapkan keinginan kamu untuk mengubah dengan kartu yang baru
Petugas akan menyerahkan cetak ulang kartu BPJS Kesehatan guna mengubah kartu BPJS yang bobrok tadi.
Kartu BPJS baru yang kita peroleh bakal sama dengan kartu BPJS yang bobrok atau hilang, sebab kartu BPJS yang baru adalahcetak ulang kartu BPJS sebelumnya, bukan mengolah atau menciptakan ulang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Terkait Data Identitas Peserta BPJS Kesehatan
BPJS Kesehatan adalah program jaminan sosial yang diadakan oleh negara. Oleh karena tersebut semua data dan informasi yang kamu berikan mempunyai konsekuensi hukum andai sampai di salah gunakan. Oleh karena tersebut perhatikan sejumlah hal inilah ini:

Nomor Kartu BPJS dan tanggal pencatatan BPJS kita akan ditabung di server BPJS. Jadi tidak boleh pernah coba-coba guna memalsukan kartu BPJS Kesehatan, atau meminjam kartu BPJS orang lain guna berobat ke lokasi tinggal sakit.
Agar tidak terjadi kehilangan atau kerusakan, usahakan simpan kartu BPJS di lokasi yang aman.
Fotokopi kartu BPJS Kesehatan kita secukupnya. Jika kita E-id BPJS, tersebut juga dapat digunakan guna berobat ke lokasi tinggal sakit.

Salah satu peran pemerintah demi kesejahteraan warganya ialah dengan memberikan jaminan sosial dalam format BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan. Sebagai penduduk negara yang baik, kamu juga mesti berperan aktif dengan menunaikan iuran dan menjaga kemudahan yang diberikan, salah satunya ialah kartu BPJS Kesehatan. Memberikan data yang benar dan jujur pun adalah andil yang baik. Jika kartu peserta kamu hilang, atau bobrok ulasan di atas membantu kamu untuk proses penggantiannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar